Senin, 22 Maret 2010



Barclays Hengkang dari Bisnis Ritel Indonesia

Selasa, 23 Maret 2010 - 10:46 wib

Image : Corbis.com

LONDON - Perusahaan keuangan asal Inggris, Barclays Plc memutuskan untuk menghentikan unit bisnisnya bidang ritel banking di Indonesia, yang selama ini dikembangkan melalui PT Bank Akita.

Bank asal Inggris ini beralasan, ingin memfokuskan diri pada aktivitas wholesale banking, dan tidak tergantung pada aktivitas ritel banking. Dengan demikian, Bank Akita yang sahamnya telah resmi dibeli Barclays sebanyak 99 persen pada tahun lalu ini akan ditutup. Demikian seperti diberitakan Reuters, Selasa (23/3/2010).

Bank Akita yang memiliki empat cabang ini, semula ditargetkan untuk menggaet pangsa lokal. Dalam pernyataan, Barclays mengakui bahwa pihaknya telah melakukan ekspansi secara agresif namun pada siklus yang kurang tepat.

Kabarnya, setelah hengkang dari Bank Akita, Barclays mengincar sebuah bank ritel di Amerika Serikat. Langkah ini dilakukan untuk membangun kembali sendi-sendi investasi yang sempat terhempas krisis.

Pada dua tahun yang lalu, Barclays juga menjadikan India, Pakistan, Rusia dan Arab Saudi sebagai basis pengembangan unit ritel banking. Barclays pun berencana untuk menggandeng bank lokal berskala multinasional.(rhs)


budi santoso.

Tidak ada komentar: